5 Macam-macam Alat Fitness Wajib Ada

Banyak orang yang menggemari dunia fitnes karena dianggap paling ampuh menjaga kebugaran tubuh. Orang-orang yang telah biasa melakukan fitness umumnya sangat fasih dengan gerakan dan alat-alat fitness. Ternyata macam-macam alat fitness ini paling ampuh untuk melatih fungsi otot-otot tubuh. Alhasil, Anda memperoleh tubuh bugar dan seperti yang diidamkan.

5 Macam-macam Alat Fitness Wajib Ada

Menurut keterangan tertulis dari ReFIT Indonesia, berikut ini macam-macam alat fitness yang wajib Anda coba.

  • Treadmill

Diantara banyak alat fitness, treadmill lah yang paling populer digunakan. Manfaatnya sama seperti jogging, cocok digunakan untuk lari ditempat maupun berjalan cepat. Tidak hanya membakar keringat, Treadmill terbukti mendorong lemak tubuh terbakar lebih sempurna.

Treadmill sangat direkomendasikan sebelum memulai latihan cardio. Kelebihan alat treadmill yakni dapat diatur kecepatan seperti jalan santai, jogging, jalan cepat, hingga lari menanjak. Bahkan, dapat menentukan sendiri tingkat kesulitannya sesuai kemampuan.

  • Leg Press Machine

Bagi Anda yang ingin membentuk otot tubuh, maka gunakan leg press machine. Jadi, alat ini digunakan dalam tahap pembentukan otot betis dan otot paha. Anda pun dapat menambahkan tingkat kesulitan ketika menggunakan leg press machine sesuai keinginan. Mulai dari beban ringan, sedang, hingga beban berat.

  • Lat Pulldown Machine

Lat pulldown machine dinilai sebagai alat fitness paling efektif guna pembentukan otot-otot punggung. Kinerja alat ini akan membentuk otot latissimus dorsi, otot posterior deltoid, dan otot teres major. Penggunaan secara rutin selama 1 bulan akan membentuk punggung lebih pada bagi pria. Sementara, bagi wanita akan membentuk punggung lebih kencang dan tegap.

  • Chest Press Machine

Chest Press merupakan alat melatih otot pectoralis yaitu ada pada dada bagian tengah. Idealnya, latihan dengan chest press machine sama seperti bench press. Bedanya adalah cara penggunaan dengan di dorong ke arah depan. Keunggulan dari alat tersebut akan pegangan chess press machine membuat gaya dorong secara horizontal maupun vertikal. Sehingga masing-masing gaya dorong tersebut menimbulkan efek tekanan berbeda-beda.

  • Pectoral Machine

Selanjutnya, ada pectoral machine dirancang guna mengisolasi dan membentuk bagian dada. Cara yang paling benar melakukan latihan ini, dengan duduk menghadap ke belakang dan menekuk siku sebesar 90°. Dorong gagang pada pectoral machine sampai pada depan wajah. Kemudian menarik napas seiring dengan membuka lengan, keluarkan napas saat menarik ulang. Jadi, otot yang dibangun yakni otot bahu (deltoids) dan otot dada (pectoralis major).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *