5 Tips Untuk Memulai Fitnes bagi Pemula yang Benar

Berolahraga sendiri di rumah dengan di tempat fitness tentu sangat berbeda. Di tempat fitness, ada banyak alat-alat yang dapat membantumu mewujudkan impian memiliki tubuh berotot atau sekadar mengurangi lemak di badan. Tetapi, bagi seorang pemula mungkin mengalami kebingungan ketika akan memulai fitness.

Mulai dari ketidaktahuan akan alat-alat fitness hingga cara melakukan fitness dengan benar. Sebelum memulai fitness, simak dulu tips memulai fitness bagi pemula berikut ini.

  1. Kenali alat-alat fitness

Bagi para pemula yang baru akan memulai fitness tentu terasa asing ketika memasuki tempat fitness. Karena merasa asing, mereka biasanya takut atau malu bertanya. Padahal di tempat fitness ada banyak sekali alat-alat olahraga yang baru ditemui. Jika pemula malu bertanya, sangat rentan mengalami cedera karena salah menggunakan alat dan sebagainya.

Di tempat fitness biasanya banyak petugas yang dapat kamu mintai tolong. Orang-orang yang fitness juga pasti bersedia dimintai pendapatnya terkait fitness ini. Ciptakan suasana nyaman sehingga kamu juga nyaman berada didalamnya.

  1. Lakukan pemanasan dan peregangan

Seperti ketika akan melakukan olahraga lainnya, sebelum memulai fitness pun kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan dan peregangan bertujuan untuk mencegah terjadinya cedera. Ketika melakukan pemanasan, regangkan otot dan tahan selama kurang lebih 15 detik. Tidak hanya saat akan memulai saja, pemanasan dan peregangan sebaiknya dilakukan ketika telah selesai fitness.

  1. Lakukan secara perlahan

Salah satu kesalahan yang rentan dialami pemula adalah terlalu terburu-buru ingin memiliki tubuh yang berotot. Karena sikap buru-buru inilah pemula biasanya melakukan fitness terlalu sering, ada yang 5 hari dalam seminggu. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan.

Bagi seorang pemula, waktu yang dianjurkan adalah 1-2 hari dalam seminggu dengan durasi waktu sekitar 30 menit per hari. Jika kamu sudah terbiasa, kamu dapat melakukannya 2-3 hari per minggu.

  1. Tentukan waktu untuk beristirahat

Jika kamu seorang pemula, janganlah berpikir untuk melakukan fitness setiap hari karena hal itu tidak baik bagi tubuh. Tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan performanya. Ketika fitness wajar jika kamu mengalami rasa sakit atau nyeri, itu tandanya otot kamu mulai merasakan manfaatnya. Jangan gunakan obat penghilang rasa ketika hal itu terjadi. Biarkan tubuhmu memulihkan kondisinya sendiri.

  1. Coba beberapa bidang

Untuk mencapai beberapa tujuan, kamu tidak bisa hanya mengandalkan satu bidang saja. Dalam satu hari cobalah beberapa bidang olahraga seperti olahraga kardio, olahraga kekuatan, olahraga keseimbangan, hingga yoga. Cobalah berbagai macam bidang yang memang berperan mewujudkan impianmu memiliki tubuh yang berotot.

Juga, jangan hanya fokus pada satu anggota tubuh saja, misalnya lengan atau dada saja. Berikan perhatian pula ke anggota tubuh yang lain.

Memulai fitness tidak sulit, bukan? Untuk memudahkanmu di masa mendatang, bangunlah pertemanan dengan orang-orang di sekitar ketika melakukan fitness. Pengalaman orang-orang disekitarmu dapat kamu jadikan motivasi untuk diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *