Cara Fitness Yang Benar

Fitness dapat dianggap sebagai olahraga paling tren saat ini. Tidak hanya untuk gaya-gayaan semata, tetapi melakukan fitness dengan intens baik bagi kesehatan tubuh. Anda pun bisa memulai latihan fitness ringan agar tubuh dapat beradaptasi. Setelah tubuh siap dengan berbagai latihan ringan, maka lanjutkan dengan fitness intensitas berat.

Biasanya, jika latihan fitness dilakukan oleh wanita tahap awalnya dilakukan latihan kardio. Tujuannya agar membakar lemak, barulah dilakukan latihan kekuatan untuk membangun kepadatan tulang dan otot. Jangan lupa, sebelum melakukan fitness wajib didahului dengan peregangan statis.

Fitness bukan seperti olahraga jogging yang dilakukan dengan berlari-lari. Supaya hasil fitness dapat terlihat harur memperhatikan berbagai hal berikut ini. Begini latihan fitness paling ideal berdasarkan anjuran, sangat cocok dilakukan oleh pemula.

  1. Jadwal Latihan

Pertama, buat jadwal latihan fitness secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu latihan kardio dan 2-3 kali per minggu latihan kekuatan. Contohnya, jadwal latihan hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Jadwal ini dianggap paling pas karena ada jeda satu hari beristirahat untuk pemulihan otot.

  1. Lakukan Latihan Kardio

Latihan kardio tersebut sangat beragam, diantaranya statis, stair climbers, mesin elliptical, treadmill, dan mesin rower. Bagi Anda yang masih pemula dapat menggunakan latihan kardio yang intensitas ringan. Sementara, ketika memasuki umur 40 tahun, latihan kardio terbaik dengan menggunakan treadmill, mesin elliptical, dan stair climbers. Pada permulaan dapat diawali dengan latihan kardio dalam waktu 15 menit.

  1. Aplikasikan Latihan Kekuatan

Selanjutnya, melakukan sesi latihan kekuatan yang bermanfaat untuk mendorong metabolisme tubuh. Apabila latihan penguatan dilakukan 12 hali per sesi latihan disinyalir ampuh meningkatkan masa otot, mengurangi lemak, dan membangun kepadatan tulang.

  1. Latihan Fleksibilitas

Latihan satu ini bertujuan mengurangi ketegangan otot dan membentuk postur tubuh lebih baik. Hasilnya resiko mengalami cedera menjadi lebih rendah. Jangan lupa setelah latihan fleksibilitas ditutup dengan peregangan karena otot dalam kondisi hangat.

  1. Lakukan Bench Press

Bagi para pemula bench press adalah latihan paling direkomendasikan. Terlebih lagi tidak memerlukan alat-alat fitness yang rumit. Anda cukup memanfaatkan barbell atau dumbell dengan berat yang masih mampu Anda angkat. Fungi latihan bench press agar melatih otot tubuh bagian agar bekerja optimal, salah satunya otot lengan.

  1. Lakukan Squat

Squat terbilang cukup populer karena efektif membentuk otot bokong dan kaki. Banyak pemula melakukan latihan squat dengan cara jongkok, mendorong tubuh ke arah belakang dengan kaki diapit oleh massa. Selanjutnya kembali pada posisi duduk dan diulangi selama beberapa kali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *