Ikuti 5 Tips Ini Agar Terhindar Dari Korsleting Listrik di Rumah

Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua aktivitas kita setiap harinya membutuhkan arus listrik. Namun, perlu Anda ketahui jika pemakaiannya berlebihan dan mengabaikan hal-hal kecil yang bisa mengakibatkan sesuatu yang fatal, sebaiknya Anda berhati-hati. Salah satu peristiwa berbahaya yang seringkali dialami beberapa orang adalah korsleting listrik.

Korsleting listrik adalah sebuah keadaan dimana terjadinya hubungan pendek arus listrik yang dapat mengakibatkan ledakan hingga kebakaran. Penyebab dari listrik konslet bermacam-macam sepertiĀ  menyambungkan kabel tidak sesuai sehingga menyebabkan penumpukan beban yang berlebihan. Bisa juga karena kabel listrik mengelupas dan menyebabkan saluran bertegangan menempel ke saluran netral.

Untuk mencegah hal-hal berbahaya akibat korsleting listrik di rumah Anda, simak tips berikut ini tentang 5 cara mencegah listrik konslet.

  1. Hindari Penumpukan Colokan Listrik

Biasakan Anda tidak menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat. Hal tersebut dapat mengakibatkan sambungan listrik terus menerus menumpuk dan panas hingga akhirnya terjadi korsleting listrik. Sebaiknya, Anda harus tetap berhati-hati.

  1. Pemeriksaan Secara Rutin

Selanjutnya, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kondisi isolasi pembungkus kabel secara rutin. Kegiatan ini membuat Anda memudahkan untuk mengecek isolasi yang telah menipis. Jika sudah terkelupas, maka yang sebaiknya dilakukan adalah penggantian pembungkus kabel.

  1. Mengganti Kabel Rusak

Salah satu penyebab utama kebakaran adalah rusaknya kabel di rumah Anda. Apabila Anda menemukan kabel yang sudah usang dan terlihat tak layak digunakan lagi, sebaiknya Anda harus menggantinya dengan kabel baru. Hal ini dikarenakan kabel yang dalam kondisi buruk suhunya bisa menjadi terlalu panas hingga munculnya percikan api.

  1. Jauhkan Dari Benda Yang Mudah Terbakar

Untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik, Anda harus menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar jika muncul api. Diantaranya adalah handuk, selimut, dan karpet.

  1. Menghemat Energi

Jangan lupa untuk selalu mematikan aliran listrik seperti lampu, televisi, dan lain-lain, jika Anda tidak menggunakannya lagi. Pastikan untuk selalu mematikan sambungan kabel dan peralatan elektronik sebelum Anda meninggalkan rumah.

Itu dia 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya korsleting di rumah. Jangan sampai melewatkan hal kecil yang bisa berakibat fatal seperti kebakaran misalnya. Lakukan 5 tips di atas untuk menjaga rumah Anda tetap aman bahkan saat ditinggal berpergian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber: https://www.abcpowergenset.com/

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *