Ingin Fitness Berhasil? Perhatikan 6 Pola Makan Sehat Berikut

Banyak orang yang melakukan fitness dengan tujuan mendapatkan tubuh yang sehat dan berotot. Tetapi terkadang orang hanya fokus pada program fitness-nya saja tanpa memperhatikan pola makan. Untuk itu, agar program fitness yang sedang kamu jalankan berhasil, kamu juga harus memperhatikan pola makan sehat. Berikut ini jenisnya.

  1. Perhatikan asupan karbohidrat

Jika ingin menambah massa otot, jangan terlalu banyak mengurangi asupan karbohidrat. Karbohidrat berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan karbohidrat maka cadangan energi pun berkurang. Padahal untuk melancarkan program fitness karbohidrat juga dibutuhkan.

  1. Perbanyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki peran penting sebagai sumber serat alami. Buah dan sayuran juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Sebaiknya konsumsi buah dan sayuran dilakukan sebelum dan sesudah melakukan fitness. Kamu dapat mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, anggur, jeruk yang kandungan gulanya rendah.

  1. Pilih makanan berprotein tinggi

Bagi kamu yang ingin memiliki tubuh berotot, pilihlah makanan yang kaya akan protein karena protein dapat menambah massa otot. Banyak jenis makanan berprotein yang dapat kamu pilih, misalnya: daging ayam, ikan-ikanan, telur, hingga susu. Kamu juga dapat memilih jenis makanan berprotein tanpa lemak seperti daging merah.

  1. Perhatikan kandungan kalori

Jangan berpikir untuk mengurangi kalori ketika kamu sedang melakukan program fitness. Bukannya berhasil, terkadang mengurangi kalori justru dapat membuat berat badan naik. Mengurangi asupan makanan yang berkalori dapat menyebabkan sistem metabolisme melambat. Akibatnya lemak dapat menumpuk ketika hal ini terjadi.

  1. Pilih makanan bernutrisi

Agar fitness yang sedang dijalankan berhasil, ubahlah pola makan tak sehatmu selama ini. Hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula karena gula dapat menyebabkan timbunan lemak pada tubuh. Minuman tanpa gula lebih aman dikonsumsi.

  1. Rutin sarapan di pagi hari

Tak sedikit orang yang mengabaikan sarapan di pagi hari, padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Manfaat tersebut antara lain mengurangi risiko diabetes hingga penyakit jantung. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sarapan yang kaya serat dan protein karena sarapan jenis ini dapat menambah energi positif yang dibutuhkan selama berolahraga.

Faktor penentu keberhasilan fitness juga berasal dari asupan-asupan dan kebiasaan yang dijalankan setiap hari. Jika sebelumnya kamu belum bisa melaksanakan pola makan yang sehat, mulai sekarang belajarlah untuk melakukannya. Pola makan sehat tidak hanya berperan dalam menyukseskan program fitness, tapi juga membantu menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *