Selain Virus, Ini 7 Penyebab Laptop Lemot yang Jarang Disadari

Ketika merasakan kinerja laptop yang melambat kebanyakan orang langsung menyangkakan penyebabnya adalah virus. Padahal ada banyak faktor lain sebelum virus yang sangat berpotensi menjadi penyebab laptop lemot, seperti terlalu banyak file menumpuk sehingga memenuhi ruang penyimpanan. Berikut ini penyebab lapto menjadi lemot yang sering tidak disadari penggunanya.

  1. Temporary files menumpuk

Faktor pertama pemicu laptop lemot adalah terlalu banyak temporary files yang menumpuk di penyimpanan. Temporary files merupakan file-file yang disimpan secara otomatis ke harddisk, seperti ketika kamu mengunduh suatu aplikasi.

Masalah temporary files menumpuk terjadi ketika kamu mencopot pemasangan aplikasi yang telah terpasang. Terkadang file-file yang berkaitan dengan aplikasi tersebut belum sepenuhnya terhapus ketika kamu mencopot aplikasi yang terpasang. Penumpukan aplikasi ini dapat mengganggu kinerja laptop sehingga membuat laptop menjadi lemot.

  1. Suhu laptop tinggi

Penyebab laptop lemot yang kedua ialah suhu laptop yang tinggi. Biasanya jika laptop dipaksa bekerja dalam waktu yang lama suhunya akan meninggi. Hal tersebut juga berdampak pada kinerja laptop yang menjadi lemot. Kondisi paling parah dari dibiarkannya suhu laptop tinggi adalah kematian laptop karena suhunya sudah melampaui batas normal.

  1. Banyak aplikasi yang dijalankan bersamaan

Jarang orang yang menyadari penyebab laptop melambat kinerjanya adalah terlalu banyak aplikasi yang dijalankan bersamaan. Dengan dalih keefektifan, orang-orang sengaja membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Padahal hal tersebut sangat berpotensi menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot.

  1. Terlalu banyak install aplikasi

Seberapapun besarnya kapasitas harddisk yang kamu miliki, tetap dapat menyebabkan kinerja laptop melambat ketika hampir penuh. Jika kamu merasa kinerja laptop melambat, cobalah periksa harddisk-mu. Mungkin banyak aplikasi yang tak diperlukan justru terpasang di laptop. Terlalu banyak aplikasi yang terpasang menyebabkan laptop lemot.

  1. Ukuran aplikasi terlalu besar

Ketika ingin meng-install suatu aplikasi, sebaiknya perhatikan ukuran aplikasinya. Karena aplikasi yang ukurannya terlalu besar dapat mengganggu kinerja laptop. Apalagi jika laptopmu bukan laptop yang punya spesifikasi tinggi, perhatikan baik-baik perihal ukuran aplikasi ini. Contohnya seperti beragam aplikasi yang telah diulas pada website Teknolagi. Biasanya aplikasi yang versinya lebih kecil, ukuran aplikasinya juga lebih kecil.

  1. Kapasitas RAM kecil

RAM berfungsi sebagai media penyimpanan yang juga menjalankan program di laptop. Identifikasi penyebab laptop lemot adalah kapasitas RAM-nya yang kecil dapat dilakukan dengan mencoba beberapa aplikasi sekaligus. Jika laptop lemot ketika berpindah aplikasi, dapat dipastikan penyebab laptopmu lemot adalah kapasitas RAM kecil sehingga tidak bisa multitasking.

  1. Spesifikasi laptop rendah

Penyebab lemotnya laptop yang terakhir adalah spesifikasi laptop rendah. Spesifikasi laptop yang rendah sangat mempengaruhi performanya. Jika kamu memaksakan meng-install aplikasi dengan ukuran besar ke laptop berspesifikasi rendah, masalah yang timbul berikutnya adalah laptop lemot.

Sebelum membawa ke tempat servis komputer, sebaiknya kamu identifikasi lebih dulu penyebab laptop lemot. Mungkin salah satu penyebab di atas menjadi penyebab laptopmu lemot. Tetapi jika tidak ada, segeralah datang ke tempat servis. Mungkin laptopmu mengalami masalah lain yang tidak disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *